Jokowi Ingin Harga BBM di Jawa Sama dengan Wilayah Lain Indonesia

maiwanews – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) ingin agar harga bahan bakar minyak (BBM) di Pulau Jawa sama dengan harga di wilayah lain Indonesia, termasuk Papua.

“Kalau di Jawa harganya Rp 6.450 per liter, di seluruh wilayah Indonesia juga harus sama, di barat, di tengah dan di timur harus sama,” kata Presiden Jokowi.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam kunjunagnnya ke Jayapura meresmikan 6 infrastruktur listrik, ke Yahukimo untuk meresmikan Bandara Nop Goliat Dekai, dan peresmian harga BBM di Papua yang dipusatkan di Dekai, Ibu Kota Kabupaten Yahukimo, Papua.

Menurut Presiden Jokowi, dirinya tidak bisa membiarkan fakta bahwa selama ini ada ketidakadilan masalah BBM. Di Jawa kata presiden, harga BBM hanya Rp 6.450 per liter, tetapi di Papua bisa mencapai 50.000 sampai Rp 100.000 per liter seperti di Puncak Jaya.

Terkait kerugian yang akan diderita Pertamina jika harga disamakan, Jokowi mengaku akan memerintahkan menteri untuk mencari solusi misalnya dengan cara menutup kerugian itu dengan menggunakan hasil keuntungan dari penjualan BBM di wilayah barat.

Dengan adanya harga BBM yang sama kata presiden, dengan sendirinya akan ada kecukupan daya listrik, yang pada akhirnya akan menumbuhkan pergerakan ekonomi masyarakat di wilayah itu.