Jokowi Luncurkan Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) di Riau

Presiden Jokowi saat di Kabupaten Rokan Hilir Riau untuk meluncurkan program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) Rabu 9 Mei 2018. (Foto: setpres)

maiwanews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) Rabu 9 Mei meluncurkan program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) di Kelurahan Bagan Batu Kota, Kecamatan Bagan Sinembah, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau. Pada kegiatan itu presiden didampingi Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan Plt Gubenur Riau Wan Thamrin Hasyim.

RI 1 beserta rombongan berangkat dari Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin, Pekanbaru dan tiba di Rokan Hilir pagi hari dengan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU. Setiba di lokasi, Presiden Jokowi disambut dengan penyematan Tanjak berupa ikat kepala, selempang, dan kain pinggang berwarna kuning oleh tokoh adat.

Sebelumnya, program peremajaan sawit dilakukan di Musi Banyuasin, Sumatra Selatan (Sumsel)pada 13 Oktober 2017. Setelah Sumsel, program PSR kemudian dilakukan di Serdang Bedagai Sumatra Utara (Sumut) pda 27 November 2017.

Peremajaan kebun sawit rakyat di Provinsi Riau pada tahun 2018 dilakukan di lahan seluas 25.423 hektar. Program PSR di provinsi ini dilakukan di 8 kabupaten, masing-masing adalah Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kampar, Siak, Pelalawan, Kuantan Sengingi, Indragiri Hulu dan Bengkalis.

Program PSR di Provinsi Riau dinilai sangat mendesak mengingat lahan kelapa sawit rakyat di Provinsi Riau (luas keseluruhan mencapai 1,58 juta hektar) pada umumnya merupakan kebun tua. Penanaman sebelumnya dilakukan tahun 1980-an melalui Program Perkebunan Inti Rakyat-Transmigrasi (PIR-Trans). Selang waktu lama tersebut berdampak pada penurunan produktivitas.

Usai menghadiri acara PSR di Riau, presiden dan rombongan akan kembali ke Pekanbaru menggunakan Helikopter Super Puma TNI AU. Di Pekanbaru presiden didampingi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy akan bertemu dengan para pengurus OSIS SMA/SMK dan siswa berprestasi se-Kota Pekanbaru di Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin.

Kemudian perjalanan akan dilanjutkan ke Masjid Agung An Nur Pekanbaru untuk menghadiri Peringatan Hari Lahir Nahdlatul Ulama ke-92. Setelah menghadiri acara ini, Presiden dan rombongan akan kembali ke Jakarta dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 dan diperkirakan tiba pada malam hari. (Setpres)