Jokowi Resmikan Pembangunan Bandara Soedirman

Presiden Jokowi dan Ganang pada peresmian pembangunan Bandara Jenderal Besar Soedirman, di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, Senin 23 April. (Foto: Setkab/Humas/Dinda)

maiwanews – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) Senin 23 April meresmikan pembangunan Bandara Jenderal Besar Soedirman, di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Dalam sambutannya Presiden Jokowi mengatakan pembangunan bandara Soedirman untuk mempercepat pertumbuhan perekonomian, perdagangan, dan pariwisata serta melayani aksesibilitas masyarakat di Provinsi Jawa Tengah utamanya di bagian Barat, meliputi Kabupaten Purbalingga, Cilacap, Banyumas, Banjarnegara, Wonosobo, Kebumen, Tegal, dan Pemalang. Selain itu diharapkan juga agar muncul titik-titik pertumbuhan ekonomi baru di wilayah Purbalingga dan sekitarnya.

Cucu Panglima Besar Jenderal Soedirman, Ganang Soedirman, pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa nama Jenderal Soedirman dipilih berdasarkan usulan pemerintah daerah atas dasar bahwa Panglima Besar Soedirman adalah putra kelahiran dari Purbalingga. Penamaan Jenderal Soedirman pada bandara baru tersebut dikatakan merupakan kebanggaan dan kehormatan keluarga. Ia berharap menjadi manfaat buat masyarakat setempat dan masyarakat lainnya.

Ganang menambahkan, kebetulan letak bandara ini di tengah, dapat menjadi penyangga untuk bandara-bandara lain sehingga membawa manfaat kepadama masyarakat luas sesuai cita-cita Panglima Besar Soedirman, ia selalu mengatakan bahwa ia banyak berbuat hanya untuk kemaslahatan rakyat dan bangsa ini.

Usulan pengembangan pangkalan udara Wirasaba menjadi Bandara Jenderal Besar Soedirman untuk melayani penerbangan sipil sudah diusulkan sejak tahun2014 silam. Rencananya, Terminal Bandara seluas 3.000 meter persegi mampu menampung 300.000 Pax/tahun, dan kapasitas jam sibuk mencapai 390 Pax.

Acara peresmian bandara Soedirman juga dihadiri oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi dan Komandan Paspampres Mayjen TNI (Mar) Suhartono. (Setkab/DNA/DID/EN)