Jumlah Sepeda Motor di Jakarta Capai 8 Juta Unit

sepeda motormaiwanews – Jumlah sepeda motor di Jakarta sudah hampir menyamai jumlah penduduknya. Berdasarkan data kepolisian hingga tahun 2010, jumlah motor di Jakarta sudah mencapai 8 Juta unit.

Karena jumlah sepeda motor yang membludak merupakan salah satu faktor kemacetan di ibu kota, maka perlu dilakukan upaya pembatasan jumlah kendaraan roda dua itu.

“Saat ini, motor sudah menembus jumlah 8 juta di ibu kota ini. Oleh sebab itu perlu dilakukan pembatasan,” kata Condro.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Lalu Lintas, Condro Kirono, usai diskusi ‘Kapankah Jakarta Terhindar dari Kemacetan Lalu Lintas’ di gedung DPR, Senayan, Jumat, 30 Juli 2010.

Sebelumnya diberitakan, Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengatakan bahwa setiap hari di Jakarta jumlah motor bertambah 900 buah, dan menurut data kementerian ESDM, pemakaian BBM motor juga sudah hampir menyamai mobil.

Fauzi Bowo mengaku tidak dapat melarang anggota masyarakat membeli sepeda motor baru, namun atas dasar kepentingan pengguna jalan umum lainnya, pihaknya akan menggunakan kewenangan yang dimiliki untuk mengatur penggunaannya.

Karena itu, Fauzi Bowo berjanji akan mengatur penggunaan sepeda motor itu tahun ini dengan cara menerapkan kebijakan pembatasan peredaran sepeda motor di jalur angkutan massalĀ  pada jam-jam sibuk.