Kedubes Iran di Moskow Konfirmasi Kunjungan Rouhani ke Rusia

maiwanews – Kedutaan Besar (Kedubes) Iran di Moskow mengkonfirmasi rencana kunjungan Presiden Iran Hassan Rouhani ke Rusia. Wakil Kepala Kedutaan Iran di Rusia Ahmad Heydarian Selasa 31 Januari waktu setempat mengatakan Presiden Rouhani dijadwalkan tiba di Rusia bulan Maret mendatang untuk melakukan pembicaraan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov juga mengkonfirmasi rencana kunjungan pada bulan Maret tersebut, pihaknya juga telah melakukan persiapan. Hal senada disampaikan sebuah sumber diplomatik Rusia dengan menyebutkan bahwa kunjungan itu dilakukan akhir Maret.

Kedua negara melakukan konsultasi secara reguler mengenai perkembangan terbaru di kawasan, khususnya Suriah. Pembicaraan Teheran dengan Moskow merupakan bagian dari upaya mengkoordinasikan bantuan pemulihan keamanan ke Asia Barat dan negara Arab.

Iran dan Rusia memiliki kerjasama erat dan sikap sama tentang isu-isu bilateral dan regional, khususnya krisis di Suriah. presiden kedua negara telah mengadakan beberapa pertemuan dan percakapan telepon.

Rencana kunjungan Presiden Rouhani ke Moskow dilakukan setelah Iran, Rusia, dan Turki mengeluarkan pernyataan pada akhir pembicaraan damai Suriah di ibukota Kazakhstan Astana pada 24 Januari. Ketiga negara sepakat membentuk mekanisme trilateral untuk mendukung gencatan senjata di negara Arab dan memonitor kemungkinan pelanggaran atas kesepakatan gencatan senjata.

Bulan lalu, Teheran, Moskow, dan Ankara membicarakan kemungkinan evakuasi warga sipil dan militan dari kota strategis Aleppo dimana pasukan Suriah hendak merebut kembali kota di Barat Laut tersebut dari militan Takfiri. Kesepakatan itu juga membuka jalan bagi gencatan senjata bagi seluruh negara. (Tasnim/PressTV)