Kemenperin Kembangkan 4 Kawasan Industri Halal

(Foto/Gambar: Willem67)

maiwanews – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) akan mengembangkan 4 kawasan industri halal sebagai salah satu upaya mendukung pemberlakuan sertifikasi produk halal pada 17 Oktober 2019. 4 kawasan tersebut masing-masing adalah Batamindo Industrial Estate, Bintan Industrial Park, Jakarta Industrial Estate Pulogadung, dan Modern Cikande Industrial Estate. Sebagian atau seluruh bagian dari keempat kawasan akan dibangun dengan sistem dan fasilitas pengembangan industri produk-produk halal.

Ignatius Warsito (Direktur Perwilayahan Industri Direktorat Jenderal Ketahanan, Perwilayahan dan Akses Industri Internasional/KPAII Kemenperin) di Jakarta Rabu 12 juni mengatakan keempat kawasan tersebut telah mengajukan diri ke Kemenperin untuk mengembangkan kawasan industri halal. Salah satu diantaranya, Modern Cikande, telah launching.

Batamindo Industrial Park telah menyiapkan pembangunan zona halal seluas 17 hektare (Ha) dari total area seluas 320 Ha, Bintan Industrial Estate menyiapkan lahan seluas 100 Ha dari 320 Ha secara total, dan Modern Cikande seluas 500 Ha. Di kawasan Jakarta Industrial Estate Pulogadung, akan dikembangkan zona halal untuk produk mode, farmasi dan kosmetik, pusat makanan, laboratorium halal, serta halal center.

Selain industri, juga akan hadir berbagai sektor pendukung di 4 kawasan tersebut, diantaranya kantor sertifikasi halal dan transportasi logistik. Diharapkan akan ada pelayanan sertifikasi halal one stop service.

Mengenai kriteria kawasan industri halal, dijelaskan antara lain adalah memiliki manajemen kawasan industri halal, memiliki atau bekerja sama dengan laboratorium untuk pemeriksaan dan pengujian halal, sistem pengelolaan air bersih sesuai dengan persyaratan halal, memiliki sejumlah tenaga kerja terlatih dalam jaminan produk halal, serta memiliki pembatas kawasan industri halal. (Kemenperin)