Kementerian Keuangan Buka Lowongan 597 CPNS

maiwanews – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengumumkan rencana perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2018. Ketua Panitia Seleksi CPNS Kemenkeu 2018, Hadiyanto, Rabu 19 September mengatakan pihaknya akan merekrut 597 CPNS, di mana 40 di antaranya untuk Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) dan sisanya 519 untuk Non DJBC.

Hadiyanto (juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenkeu) menjelaskan 542 CPNS akan direkrut melalui formasi umum, sedangkan sisanya 55 CPNS direkrut dari jalur khusus. Pendaftaran dilaksanakan secara online mulai tanggal 26 September hingga 2 Oktober 2018 melalui akun http://sscn.bkn.go.id.

Persyaratan latar belakang pendidikan sebagian besar lulusan pendidikan Diploma III (D3) dari berbagai bidang studi. CPNS terpilih akan mengisi jabatan Pengelola Administrasi Pemerintah, Pengelola Data, Pengelola Keuangan, Pengelola Laboratorium, Teknisi Laboratorium, Pengelola Teknologi Informasi, dan Operator Komputer Grafis.

Untuk lulusan Strata Satu (S1) akan mengisi jabatan Analis Pendidikan, Analis Hukum, Analis Sistem Informasi, Analis Kerja sama, Analis Keuangan, Analis Publikasi, dan Analis SDM.

Mereka akan ditempatkan di Sekretariat Jenderal (Setjen), Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC), Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Direktorat Jenderal Anggaran (DJA), Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPBN), Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR), Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK), Badan Kebijakan Fiskal (BKF), serta Badan Pendidikan dan Pelatikan Keuangan (BPPK).

Berdasarkan informasi dari Kemenkeu, setiap peserta rekrutmen di Kementerian Keuangan, akan melalui tahapan Seleksi Administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), dan Pemberkasan. (Setkab/ES/Kemenkeu)