Kementerian PANRB Luncurkan e-Government

Menteri PANRB Asman Abnur didampingi Sekretaris Kementerian PANRB Dwi Wahyu Atmaji saat memberi keterangan kepada wartawan di ruang command center, Rabu 4 Oktober 2017 [Foto: Kementerian PANRB]

maiwanews – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) di Jakarta Rabu 4 Oktober meluncurkan penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik atau e-Government. Menteri PANRB Asman Abnur mengatakan saat ini kita memasuki era Connectivity dan Internet of Think dimana batasan ruang ditekan dan waktu dipersingkat. Dalam tata kelola pemerintahan, e-Government merupakan keniscayaan.

Peluncuran e-Government sebagai tanda diterapkannya Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik dalam tata kelola pemerintahan dimaksudkan untuk menegaskan bahwa Kementerian PANRB sudah bergerak ke zona kompetitif. Selain itu, penerapan sistem tersebut juga menegaskan bahwa Kementerian PANRB memiliki kesiapan optimal sebagai panutan secara nasional. Penerapan e-Government juga diharapkan dapat memberi inspirasi kepada instansi pemerintah lainnya untuk mengakselerasi penerapan e-Government.

Kementerian PANRB sebagai penggerak utama reformasi birokrasi, menyadari bahwa di era digital, penting untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan akuntabilitas dalam tata kelola pemerintahan menuju terwujudnya pemerintahan kelas dunia. Untuk mencapai tujuan tersebut, Kementerian PANRB terus berbenah serta melakukan perbaikan dan inovasi.

Sekretaris Kementerian PANRB Dwi Wahyu Atmaji dalam kesempatan itu menjelaskan, dalam peluncuran hari ini ada 7 inovasi Kementerian PANRB. Inovasi itu adalah Command Center, e-Office, e-Salam, e-Karpeg, e-Data, e-Performance, DC dan DRC. Selain itu ada 1 inovasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) yaitu SIJAPTI (Aplikasi Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi). [Kementerian PANRB/ags]