Kepala Basarnas: Pencarian Pesawat Aviastar Hari Kedua Masih Nihil

maiwanews – Kepala Basarnas FH Bambang Sulistyo mengatakan, pencarian hari kedua pesawat Aviastar DHC6 PK-BRM jenis Twin Otter oleh tim SAR gabungan masih nihil.

“Sampai saat ini belum membuahkan hasil seperti yang kita harapkan,” ujar FH Bambang Sulistyo dalam keterangan persnya di landasan pacu Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar, Minggu (4/10/2015).

Bambang Soelistyo menjelaskan, dirinya bersama deputi potensi langsung terjun ke lapangan untuk meyakinkan kondisi medan dan kondisi cuaca di 3 area upaya pencarian, bahkan sempat mendarat di sebuah perkampungan terpencil.

Dikatakan Bambang, situasi medan di area pencarian cukup berat yang meliputi 80 persen berupa pegunungan, tebing yang curang, hutan lebat dan tidak berpenghuni.

Karena itu kata dia, pada pencarian hari ketiga, yang cocok diterjunkan di area itu adalah alat utama berupa helikopter yang bisa masuk ke celah-celah, sementara pesawat fixed wing lebih fokus di wilayah laut.

Sebanyak 259 orang personil di bawah kendali Badan SAR Nasional telah menyisir sejumlah wilayah seperti Luwu, Enrekang hingga Sidrap.