Ketua DPR Korsel: Indonesia adalah Negara Kuat Dunia

Delegasi parlemen Republik Korea menuju Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (12/1) untuk bertemu Presiden Jokowi (Foto: Setkab/Humas/Rahmat)
Delegasi parlemen Republik Korea menuju Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (12/1) untuk bertemu Presiden Jokowi (Foto: Setkab/Humas/Rahmat)
maiwanews – Ketua DPR Korea Selatan (Korsel) Chung Sye-kyun mengakui Indonesia bukan hanya negara kuat di Asia Tenggara, tapi juga di dunia. Hal itu disampaikan saat bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka Kamis 12 Januari.

Chung mengatakan masyarakat Korea sangat memperhatikan Indonesia dan sangat suka dengan Indonesia. Dalam kunjungan kehormatan 9 anggota Parlemen Republik Korea tersebut Chung juga menyampaikan sikap antusias anggota parlemen Korea ke Indonesia. Kunjungan ini adalah kali pertama bagi parlemen Korea di tahun 2017.

“Ketika saya mengatakan akan mengunjungi Indonesia, para anggota parlemen yang hadir di sini ingin ikut dengan saya”, kata Chung. Hubungan Indonesia dengan Korea Selatan dikatakan sangat strategis sejak hubungan bilateral kedua negara dibuka 1973 dan selalu berjalan baik.

Dalam pertemuan itu Presiden Jokowi didampingi Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno. Usai pertemuan, Menlu Retno Marsudi kedawa wartawan mengatakan, Presiden Jokowi menekankan pentingnya Korea Selatan sebagai salah satu mitra bagi Indonesia.

Menlu Retno menambahkan, kerjasama kedua negara baik ekonomi, perdagang, investasi, dan bidang lainnya mengalami peningkatan meski sempat mengalami penurunan di bidang perdagangan dan investasi. Namun penurunan ini dipengaruhi antara lain belum pulihnya situasi ekonomi dunia. Untuk meningkatkan kerjasama kedua negara, Menlu Retno mengatakan bahwa Presiden Jokowi meminta dukungan parlemen. (m012/Setkab/FID/RAH/ES)