Komisi III DPR Loloskan Komjen Budi Gunawan Jadi Kapolri

dpr-pengamanan-maiwanewsmaiwanews – Setelah mendengar pandangan dari 9 fraksi yang hadir, Komisi III DPR menyetujui Komjen Budi Gunawan sebagai calon Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri).

“Menyetujui surat dari Presiden dengan musyawarah mufakat, setuju secara akalamasi,” kata Ketua Komisi III DPR Aziz Syamsuddin di ruangan rapat Komisi III, Gedung DPR, Jakarta, Rabu (14/1/2015).

Dengan demikian, tahap berikutnya adalah menyampaikan hasil keputusan tersebut ke rapat Paripurna DPR untuk disahkan. Paripurna rencananya akan berlangsung Kamis (15/1/2015).

Jika Paripurna DPR mengesahkan Budi Gunawan sebagai Kapolri, maka bola panas terkait status huku Budi Gunawan berpindah ke tangan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Seperti diberitakan, Komjen Budi Gunawan ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK saat proses uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) sedang bergulir di DPR.

Fraksi Demokrat merupakan satu-satunya fraksi di DPR yang menginginkan agar proses uji kepatutan dan kelayakan di DPR dihentikan paska penetapan Budi Gunawan sebagai tersangka oleh KPK.