Kontes Robot Internasional, Tim UGM Raih Emas

Ilustrasi. (Gambar: kjpargeter)

maiwanews – Tim robot Universitas Gadjah Mada (UGM) meraih medali emas dan perak pada kontes robot internasional di Oosting Gymanasium, Trinity College Ferris Athletic Center, Hartforf Connecticut, Amerika Serikat, 6-8 April 2018. Kontes ini diadakan dalam rangka “The 25th year of the Trinity College International Fire Fighting Home Robot Contest”.

Tim wakil Indonesia menang untuk kategori lomba robot berkaki atau fire fighting. Tim terdiri dari Atin Yudi Wibowo (Mahasiswa Diploma Teknik Elektro Sekolah Vokasi UGM) Selaku ketua tim, Adien Gumilang (S1 Teknik Elektro, Fakultas Teknik UGM), dan Dani Setyawan (S1 Teknik Mesin, Fakultas Teknik UGM), Habib Astari Adi (S1 Elektronika dan Instrumentasi, Fakultas MIPA UGM). Tim bernama Gadjah Mada Robotic Team didampingi oleh Dekan Sekolah Vokasi, Dr. Wikan Sakarinto, selaku Dosen Pembing dan dan Dr. Rachmat Sriwijaya selaku Ketua Pembina.

Berdasarkan pengakuan Wikan via telepon sebagaimana dikutip laman Ristekdikti, ia selaku ketua kontingen sempat tidak menyangka tim robot dari Indonesia berhasil meraih juara. Robot berkaki (diberi nama Al Fatih) sempat mengalami masalah sebelumnya. Ada bagian robot patah setelah keluar dari bagasi pesawat. Jalan keluarnya, bagian patah dilem dan dipanaskan dengan pengering rambut.

Menurut Wikan, keberhasilan wakil Indonesia patut diapresiasi. Perjuangan tim untuk lolos dan akhirnya meraih juara dengan merebut medali emas dan perak menjadi kebanggaan bagi anak muda di Indonesia sehingga bisa berkarya dan meraih prestasi lebih baik lagi kemudian hari. (Ristekdikti/Humas UGM/Gusti Grehenson)