Korea Utara Luncurkan Satelit Bulan Depan

maiwanews – Dalam rangka menghormati hari ulang tahun ke-100 mendiang presiden Kim Il Sung, yang jatuh pada tanggal 15 April 2012, hari ini Jumat (16/3), Korea Utara mengumumkan akan meluncurkan satelit bulan depan.

Dalam pernyataan yang dimuat media resmi, seorang jurubicara Komite Teknologi Antariksa Korea Utara mengatakan roket jarak jauh bernama Unha-3 akan meluncurkan satelit pengamat bumi buatan dalam negeri yang akan mengorbit kutub.

Korea Utara (Korut) mengatakan, orbit penerbangan yang aman telah dipilih supaya kepingan roket tersebut tidak akan berdampak terhadap negara-negara tetangga.

Rencana peluncuran itu berselang tiga tahun setelah peluncuran serupa bulan April tahun 2009 yang memunculkan protes luas karna dinilai hanya merupakan kedok untuk menguji-coba teknologi misil jarak jauh Korea Utara.

Peluncuran tersebut dipandang sebagai pelanggaran atas resolusi Dewan Keamanan PBB yang melarang Korea Utara melakukan kegiatan misil balistik dan nuklir.

Pyongyang bulan lalu setuju untuk menghentikan percobaan misil jarak jauh sebagai bagian dari persetujuan yang mengharuskan Amerika Serikat menyediakan bantuan pangan 240 ribu ton. (voa/ylh)