KPK Cegah Putra Komjen Budi Gunawan ke Luar Negeri

Ruang-KPK-maiwanewsmaiwanews – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencegah putra Komjen Budi Gunawan, Herviano Widyatama bepergian ke luar negeri terkait dugaan suap dan gratifikasi di kepemilikan rekening mencurigakan milik ayahnya.

Selain putra Budi Gunawan, KPK juga mengumumkan telah mencekal bepergian ke luar negeri dua orang lainnya yakni Ijen Syahtria Sitepu dan Iie. Keduanya merupakan orang dekat Budi Gunawan.

“Berkaitan dengan kasus BG, KPK sudah mengeluarkan surat pencekalan terhadap beberapa orang. (Salah satunya) Herviano Widyatma,” kata Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto dalam jumap pers di kantor KPK, Jakarta, Rabu (14/1/2015).

Herviano Widyatama adalah orang yang disebut mendapat pinjaman senilai Rp 57 miliar pada tahun 2005 dari perusahaan asal Selandia Baru pada saat baru berusia 19 tahun. Pinjaman itu kemudian dimasukkan ke rekening sang ayah, Budi Gunawan.

Sebelumnya, KPK menetapkan Komjen Budi Gunawan sebagai tersangka kasus duagaan suap dan gratifikasi terkait rekening mencurigakan.

KPK menjerat Budi Gunawan dengan Pasal 12a atau b, Pasal 5 ayat 2, Pasal 11 atau Pasal 12b Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 juncto UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 KUHP.