KPK Tetapkan Patrialis Akbar Sebagai Tersangka Kasus Suap Uji Materi

maiwanews – Berdasarkan hasil pemeriksaan penyidik paska operasi tangkap tangan (OTT), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya menetapkan Hakim Mahkamah Konstitusi Patrialis Akbar (PAK) sebagai tersangka.

“Kami menetapkan PAK sebagai tersangka,” kata Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan, dalam keterangan pers, di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (26/1/2017) malam WIB.

Menurut KPK, PAK yang juga Mantan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) itu ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan penerimaan suap terkait uji materi UU 41 nomor 2014 tentang peternakan dan kesehatan.

Selain PAK, KPK juga menetapkan sebagai tersangka 3 orang lainnya dalam kasus yang sama. Ketiga orang itu masing-masing KM sebagai penerima suap, BHR dan sekretarisnya, NJF sebagai pemberi suap.

Sebelumnya, KPK mengamankan 11 orang termasuk PAK dalam OTT di sebuah pusat perbelanjaan, Grand Indonesia. PAK diduga menerima suap berupa USD 20 ribu dan SGD 200 ribu dari pengusaha bernama BHR yang disampaikan melalui perantara yang juga pengusaha bernama KM.