Kremlin Bantah Kunjungan PM Jepang Batal Karena Putin Sakit

maiwanews – Kremlin membantah rumor bahwa Presiden Vladimir Putin sedang sakit, dan rencana kunjungan Perdana Menteri Jepang, Yoshihiko Noda, tidak ditunda. Tentu tidak ada penundaan karena bahkan tanggal kunjungannyapun belum ditetapkan. Namun diperkirakan perjalanan PM Noda dilakukan pada bulan Januari.

Sekretaris bidang pers presiden Putin, Dmitry Peskov, kepada Itar-Tass mengatakan pihaknya berharap kunjungan PM Noda bisa dilakukan sesuai harapan,yaitu pertengahan kedua bula Januari. Paska pertemuan Presiden Putin dengan PM Noda di Vladivostok saat pertemuan APEC, telah dipertimbangkan beberapa opsi.

“Sepaanjang pengetahuan saya, sampai saat-saat terakhir, kesempatan untuk melakukan kunjungan pada paruh kedua bulan Januari sudah didiskusikan”, kata Peskov.

Pembantu presiden Rusia, Yury Ushakov, mengatakan tidak etis mengungkap hal-hal rahasia sebagaimana dilakukan pihak Jepang terkait rencana perjalanan. Ushakov mengaku telah membahas rencana kunjungan dengan organisasi sejak Oktober, namun persetujun mengenai tanggal pastinya merupakan proses diplomatik tertutup.

Hari Jum’at lalu PM Noda mengeluarkan pernyataan bahwa dai menunda perjalanan ke Moskow karena karena Presiden Putin mengalami gangguan kesehatan. Kesehatan Presiden Putin mula dibicarakan setelah Presiden Belarusia, Aleksandr Lukashenko, dalam sebuah wawancara dengan kantor berita Reuters mengatakan Presiden Putin hobi olahraga Judo. Presiden Lukashenko sudah mengajak Presiden Putin bermain hockey es dengannya namun tawaran itu ditolak. (aso/RT | Foto bendera Rusia oleh Contando Estrelas)