KTT ASEAN-India: Presiden Jokowi Serukan Peningkatan Kerja Sama Maritim

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berfoto bersama pada agenda KTT ASEAN-India di Suntec Convention Centre, Singapura, Kamis 15 November 2018. (Foto: Setkab/BPMI)

maiwanews – Salah satu rangkaian KTT (Konferensi Tingkat Tinggi) ke-33 ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) di Singapura adalah ASEAN-India Informal Breakfast Summit. Acara ini berlangsung di Suntec Convention Centre, Singapura, Kamis 15 November.

Pada pertemuan tersebut Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menyerukan perlunya peningkatan kerjasama maritim demi memastikan terwujudnya keamanan maritim. Dengan demikian akan memperkuat pertumbuhan ekonomi, serta memperkuat perdamaian dan stabilitas.

“Indonesia, ASEAN, dan India memiliki shared vision kerjasama maritim dengan menekankan upaya untuk memperkuat investasi dan perdagangan, menjaga keberlanjutan sumber daya laut, dan meningkatkan keamanan maritim”, ujar Presiden Jokowi.

Upaya memperkuat kawasan Indo-Pasifik dengan mengedepankan kerjasama berbagai bidang termasuk maritim, konektivitas, dan pembangunan akan memudahkan tercapainya tujuan peningkatan investasi, perdagangan, keberlanjutan sumber daya laut, dan keamanan maritim. Tujan tersebut sulit dicapia jika hubungan dilakukan dengan mengedepankan persaingan.

Kerjasama maritim dikatakan Presiden Jokowi sebagai kunci utama kemitraan ASEAN-India. Keamanan adalah common destiny kita. Melalui kerja sama Indo-Pasifik, kemitraan ASEAN-India akan semakin erat.

Hubungan ASEAN-India akan terus tumbuh lebih sejahtera, dan ASEAN-India dapat terus berkontribusi bagi perdamaian, stabilitas dan kemakmuran kawasan.

Pertemuan ASEAN-India dihadiri oleh kepala negara/kepala pemerintahan ASEAN, serta Perdana Menteri India Narendra Modi. (BPMI/EN)