Kudeta Militer Gagal di Turki, Sedikitnya 6 Ribu Orang Ditahan

maiwanews – Upaya kudeta pada Jumat (15/7) malam oleh militer di Turki berhasil digagalkan dalam waktu singkat oleh pihak otoritas yang setia pada Presiden Tayyip Erdogan.

Dikutip dari Reuters dan AFP, Senin (18/7/2016), Menteri Kehakiman Turki Bekir Bozdag menyatakan, sekitar 6 ribu orang ditangkap dalam sebuah operasi yang disebut pembersihan.

Pihak otoritas Turki terus memperluas operasi penangkapan terhadap pendukung kudeta militer yang gagal. Hingga Bekir Bozdag memperkirakan jumlah yang ditahan tersebut masih akan bertambah.

Bozdag menjelaskant, sedikitnya 3 ribu tentara Turki mulai dari prajurit biasa hingga komandan tertinggi ditahan hingga Minggu (17/7) malam waktu setempat.

Pemimpin Angkatan Udara Turki hingga tahun 2015, Akin Ozturk adalah salah satu tiga pejabat senior Turki sebagai salah satu otak di balik kudeta. Ozturk dilaporkan masuk dalam daftar tentara yang ditahan.

Presiden Tayyip Erdogan menuding bekas sekutunya yang kini tinggal di Amerika Serikat, Fethullah Gulen, sebagai dalang di balik kudeta tersebut dengan cara menyusun sebuah struktur paralel dalam tubuh pengadilan, kepolisian, militer dan media.