KY Terima 1.414 Laporan Hakim Nakal, Januari-Mei

komisi-yudisialmaiwanews – Hanya dalam kurun waktu lima bulan yakni dari Januari hingga Mei 2011, Komisi Yudisial (KY) sudah menerima sebanyak 1.414 laporan dari masyarakat tentang dugaan hakim nakal.

“KY menerima 1.414 laporan dari masyarakat tentang hakim nakal dari Januari-Mei 2011,” kata salah seorang Komisioner KY, Taufiqurrahman Syahuri di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu 11 Juni 2011.

Hal tersebut diungkapkan Taufiqurrahman dalam sebuah acara diskusi bertajuk  “Koruptor Ngeloyor, Negara Tekor” yang diselenggarakan oleh radio Trijaya FM.

Menurut Taufiq, beberapa diantara laporan tersebut yang terbukti, sudah ditindaklanjuti, sementara yang terbukti menyalahgunakan wewenang, juga sudah diberi sanksi. Dijelaskan Taufiq, hakim yang diberhentikan 1, yang mendapat teguran tertulis 6. “Kita sudah beri sanksi semuanya,” katanya.

Oleh karena itu Taufiq mengusulkan agar ke depan, KY diberikan wewenang lebih luas untuk ikut melakukan seleksi hakim bersama Mahkamah Agung (MA) guna mereformasi total Kehakiman agar kasus suap tidak lagi terjadi.