Lamborghini PoloStorico Hadir di Pameran Mobil Klasik “Retromobile” 2017

Lamborghini PoloStorico di Retromobile 2017 (Foto: Lamborghini)

maiwanews – Lamborghini PoloStorico berpartisipasi untuk pertama kalinya di “Retromobile”. Pameran mobil klasik internasional tersebut diselenggarakan di Paris Perancis 8 sampai 12 Februari 2017. Lamborghini 350 GT sasis nomor 0121 satu dari 15 contoh pertama produk Automobili Lamborghini. Mobil 350 GT pertama akan direstorasi oleh Lamborghini PoloStrico.

Restorasi eksterior dan interior membutuhkan waktu 1150 jam, ditambah 780 jam untuk pemeriksaan fungsi mekanikal dan elektrikal. Operasi tersebut membuat tampilan mobil kembali pada keindahan aslinya. Dalam rilisnya rabu 8 Februari Lamborghini mengklaim pihaknya senantiasa menjaga orisinilitas semaksimal mungkin. Pengerjaan dilakukan menggunakan perangkat asli Lamborghini, direkonstruksi khusus untuk kasus-kasus tertentu.

Untuk 350 GT di retromobile 2017, perhaian khusus diberikan kepada pengerjaan sistem pendingin mesin, sistem pengereman, dan sistem bahan bakar untuk memastikan keamanan dan tingkat keasliannya. Sebagai penutup proses restorasi, dilakukan uji lintasan untuk mengetahui apakah telah dicapai keseimbangan dan kinerja maksimal dengan ketepatan dan efektifitas perubahan gigi. Uji lintasan juga diperlukan untuk memastikan terpenuhinya kehandalan pengereman.

Interior kulit berwarna hitam diperbaharui menggunakan prosedur klasik. Selain itu kemudi kayu, akselerator original, kopling, dan pedal direstorasi dengan memperhatikan detail. Radio juga masih asli dan berfungsi dengan baik, sama seperti di tahun 1964 ketika mobil tersebut dikirim ke pemilik pertama.

Dalam proses restorasi, mobil Lamborghini 350 GT dicat menggunakan teknik dan formula sebagaimana cat asli nitroacrylic, membuatnya tampil elegan. Velg asli direstorasi dan diautentikasi oleh pemasok Ruote Borrani dari Milan. Untuk ban digunakan Pirelli Cinturato 205 R15 sebagaimana versi aslinya.

Ini merupakan proyek keempat Lamborghini PoloStorico dalam restorasi menyeluruh. Sebelumnya hal sama pernah dilakukan terhadap Miura, LM002, dan Countach.

Lamborghini 350 GT membuat debutnya pada 1964 di pameran otomotif “Geneva Motor Show” setelah presentasi prototipe 350 GTV di “Turin Motor Show” tahun 1963. (Lamborghini)