Lion Air Beli 50 Pesawat Boeing 737 MAX 10

Ilustrasi. (Foto: maiwanews)

maiwanews – Boeing dan Lion Air Group hari ini mengumumkan bahwa maskapai membeli 50 pesawat Boeing 737 MAX 10 baru, pesawat tersebut akan menjadi mesin lorong tunggal paling efisien dan menguntungkan dalam industri penerbangan. Kesepakatan senilai sekitar $6,24 miliar atau setara dengan Rp85,4 triliun (kurs Rp13.700 per USD) merupakan urutan tambahan terbesar hingga saat ini dari varian MAX 10. Sebelumnya, di situs web Pesanan & Pengiriman Boeing tercantum sebagai “tidak teridentifikasi”. Demikian pernyataan pers Boeing di situs resminya Selasa 10 April.

“Lion Air sangat bersemangat untuk menjadi pelanggan peluncuran versi terbaru 737. Pesawat ini memberikan tingkat efisiensi bahan bakar baru dan operasi ekonomi dan cocok secara sempurna dengan armada pesawat modern kami”, kata Edward Sirait, Presiden Direktur Grup Lion Air. Ia menambahkan, “kami bangga melanjutkan tradisi inovasi kami di Lion Air saat kami kembali memimpin dengan teknologi pesawat baru”.

Lion Air Group merupakan maskapai pertama di dunia yang memasukkan 737 MAX 8 ke layanan dan yang pertama memesan 737 MAX 9. Bulan lalu, grup ini menjadi yang pertama mengambil pengiriman 737 MAX 9, memanfaatkan kapasitas tambahan pesawat untuk meluncurkan beberapa rute internasional.

“Kami merasa terhormat bahwa Lion Air Group, salah satu operator paling inovatif dan berkembang pesat, sekali lagi telah menaruh kepercayaannya pada keluarga 737”, kata Dinesh Keskar, wakil presiden senior Penjualan Asia Pasifik & India Pesawat Terbang Boeing. Menurutnya, “dengan 737 MAX 10, Lion Air akan memiliki berbagai pilihan efisien dan dapat diandalkan untuk mengoptimalkan jaringan mereka untuk melayani pelanggan mereka dan tumbuh secara menguntungkan”.

MAX 737 adalah keluarga pesawat terbang dengan sekitar 130 hingga 230 kursi, memiliki kemampuan terbang hingga 3.850 mil laut (7.130 kilometer). Jet-jet ini menggabungkan mesin CFM International LEAP-1B terbaru, winglet Teknologi Terdepan, Boeing Sky Interior, dek-dek penerbangan besar, dan fitur lainnya untuk menghadirkan efisiensi, keandalan, dan kenyamanan penumpang tertinggi di pasar lorong tunggal. 737 MAX 10 adalah varian terbesar, dengan panjang 43,8 m (143 kaki 8 inci), pesawat dapat menampung maksimum 230 penumpang dan menawarkan penerbangan dengan biaya kursi-mil terendah dalam pesawat lorong tunggal. (boeing)