Mabes Polri Dukung Polda Sulteng Kejar Teroris Poso

Mabes-Polrimaiwanews – Upaya Polda Sulteng (Sulawesi Tengah) mengejar teroris Poso mendapat dukungan dari Mabes Polri. 5 Jenderal dikirim untuk meninjau pelaksanaan Operasi Camar Maleo di Kabupaten Poso. Kelima Jenderal tersebut dipimpin oleh Asops (Asisten Operas) Kapolri Irjen Pol Arif Wachyunadi.

Sesaat sebelum berangkat menuju Palu, Irjen Pol Arif di Bandara Kasiguncu Poso Kamis 12 Maret 2015 kepada wartawan mengatakan Mabes Polri memberikan dukungan penuh dalam upaya pencarian dan pengejaran kelompok teroris Santoso di Kabupaten Poso. Mabes Polri memberi dukungan dalam bentuk pengiriman personel dan sebuah helikopter.

Operasi dengan sandi Camar Maleo telah digelar sejak 26 Januari 2015. Operasi ini bertujuan mencari dan menangkap kelompok teroris pimpinan Santoso.

Kapolda Sulteng Brigjend Idham Azis mengatakan polisi bersama TNI melakukan pengejaran terhadap kelompok teroris Poso pimpinan Santoso di hutan pegunungan di 4 wilayah kecamatan, masing-masing kecamatan itu adalah Poso Pesisir, Poso Pesisir Selatan, Poso Pesisir Utara, dan Lore Utara. Kelompok teroris tersebut berupaya menghindari kejaran petugas dengan cara berpindah-pindah tempat. Hal itu menyulitkan petugas mendeteksi keberadaan mereka.

Rabu 4 Maret lalu Densus 88 menangkap 4 orang terduga anggota teroris Poso. Mereka diduga merupakan kurir aktif dan pernah mengikuti pelatihan oleh kelompok teroris pimpinan Santoso. Pada 10 dan 11 Januari 2015 enam orang ditangkap Densus 88, mereka diduga memiliki kaitan dengan kelompok teroris Santoso. Mereka ditangkap di sejumlah lokasi Kecamatan Poso Kota dan Poso Pesisir.

Operasi Camar Maleo melibatkan setidaknya 1.000 personel anggota Brimob, 530 diantaranya berasal dari Brimob Kelapa Dua Jakarta, sedangkan sisanya merupakan anggota Brimob Polda Sulawesi Tengah. (m011/VoA 1 2)