Mario Abdo Benitez Terpilih Jadi Presiden Paraguay

Mario Abdo Benitez (Foto: Ministerio de Hacienda – Paraguay)

maiwanews – Pemilik suara di Paraguay telah memilih Mario Abdo Benitez dari partai berkuasa,Partai Colorado, sebagai presiden. Ia memastikan kemenangan dengan jumlah suara 47 persen, sementara lawannya, Efrain Alegre, memperoleh 43 persen suara. Abdo mulai bertugas pada 15 Agustus mendatang.

Pria kelahiran 10 November 1971 (46 tahun) tersebut mengantikan pendahulunya, Presiden Horacio Manuel Cartes Jara pada 15 Agustus mendatang. Kemenangannya telah diprediksi oleh para pengamat politik, namun pada analis memperkirakan Abdo akan menang dengan selisih 20 persen suara.

Abdo merupakan anak dari sekretaris pribadi Alfredo Stroessner. Alfredo dituding sebagai diktator dan oleh kelompok hak asasi manusia dituduh bertanggung jawab atas ribuan pembunuhan dan kehilangan selama pemerintahaannya dari tahun 1954 hingga 1989.

Namun Abdo mengaku banggga bahwa para korban penganiayaan dan penyiksaan pada waktu itu, malah bekerja dengan Abdo saat ini.

Sementara analis politik Francisco Capli mengatakan hubungan Abdo dengan Stroessner bukan merupakan bagian dari pembicaraan saat kampanye pemilihan presiden. Menurutnya hal itu dikarenakan para pemilih berusia di bawah 40 tahun tidak lagin mengingat kediktatoran. (BBG Direct/VoA)