Menhan AS dan Jepang Bahas Penguatan Aliansi

maiwanews – Menteri Pertahanan (Menhan) Amerika Serikat (AS) James Mattis di Pentagon Sabtu 20 April waktu setempat menerima kunjungan Menhan Jepang Itsunori Onodera. Rilis Kementerian Pertahanan (Kemenhan) AS menyebutkan pertemuan tersebut merupakan pertemuan ketiga sejak Menhan Onodera menduduki jabatannya Agustus tahun lalu.

Menhan Mattis dan Menhan Onodera membicarakan cara memperkuat hubungan aliansi kedua negara, secara positif memperhatikan peningkatan peran Pasukan Bela Diri Jepang dalam keamanan regional, termasuk penegakan UNSCR dan operasi perlindungan aset bersama.

Menyadari ancaman oleh program nuklir dan rudal Korea Utara (Korut), Menhan Mattis dan Menhan Onodera menegaskan pentingnya kerja sama erat di antara Amerika Serikat, Jepang, Korea, dan negara-negara lain dengan fikiran sama dalam memberikan dukungan militer kredibel untuk kampanye tekanan maksimum. Selain itu, para menteri sepakat untuk terus meningkatkan kemampuan aliansi untuk menghalangi dan menanggapi kemungkinan agresi Korea Utara.

Menhan Mattis membahas Strategi Pertahanan Nasional AS (baru saja dirilis) dan menyambut tekad Jepang untuk meninjau kembali Panduan Program Pertahanan Nasionalnya pada akhir tahun ini.

Kedua pihak menegaskan kembali pentingnya kemajuan berkelanjutan pada penyelarasan Pasukan AS di Jepang, termasuk upaya-upaya baru-baru ini untuk mewujudkan lokasi permanen untuk fasilitas Lapangan Pendaratan. (DoD)