Menhan AS Jim Mattis Temui PM Jepang Shinzo Abe

Jim Mattis dan Shinzo Abe Tokyo, 3 Februari 2017. (Foto: DoD/Army Sgt. Amber I. Smith)

maiwanews – Menteri Pertahanan (Menhan) Amerika Serikat (AS) Jim Mattis tiba di Jepang Jum’at 3 Februari setelah sebelumnya berada di Korea Selatan (Korsel). Juru bicara Pentagon Navy Cmdr. Gary Ross mengatakan Menhan Mattis menegaskan komitmen aliansi Jepang – AS.

Ross mengatakan Menhan Mattis dalam pertemuannya dengan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe menekankan pentingnya aliansi jangka panjang antara Amerika dengan Jepang. Ia juga mengatakan tidak ingin ada kesalahfahaman selama masa transisi di Washington. Amerika tetap membela Jepang menghadapi anaman umum.

Provokasi dari Korea Utara (Korut) dan tantangan lain akan dihadapi bersama-sama hadapi, Menhan Mattis ingin memastikan bahwa Pasal 5 perjanjian pertahanan bersama tetap dilaksanakan saat ini seperti tahun-tahun sebelumnya.

Terkait sengketa wilayah Jepang dengan China atas Kepulauan Senkaku, Menhan Mattis mengkonfirmasi posisi Amerika untuk tetap melaksanakan perjanjian keamanan kedua negara serta menghadapi setiap tindakan pemaksaan sepihak dan upaya melemahkan kontrol administratif Jepang terhadap wilayah tersebut. Dia juga berterima kasih kepada PM Abe atas kontribusi penting Jepang untuk keamanan regional dan global.

Menhan Mattis tidak lupa menyampaikan terma kasih kepada Jepang karena telah menerima 54.000 tentara AS dan anggota keluarga mereka. Ia menegaskan kembali komitmen kuat aliansi untuk fasilitas pengganti stasiun udara Futenma Korps Marinir sebagai bagian dari penataan kembali pasukan AS di pulau Okinawa di Jepang. (US DoD)