Menhan AS Mulai Kunjungan ke Timur Tengah pada 17 April

Menhan AS Jim Mattis Tinggalkan Pangkalan Udara Adrews 1 Februari 2017 (Foto: Army Sgt. Amber I. Smith/DoD)

maiwanews – Menteri Pertahanan (Menhan) Amerika Serikat (S) Jim Mattis dijadwalkan memulai perjalanan ke beberapa negara di Timur Tengah pada 17 April. I akan menegaskan kembali aliansi miter AS, terlibat dengan mitra strategis di Timur Tengah dan Afrika, dan membicarakan upaya kerjasama untuk melawan aktifitas destabilitas dan organisasi teror.

Menhan Mattis direncanakan memulai pemberhentian di Saudi Arabia pada tanggal 18 April. Ia akan melakukan serangkaian pertemuan dengan mitra utama internasional untuk memperkuat komitmen untuk kemitraan keamanan AS-Saudi.

Keesokan harinya Menhan Mattis berangkat ke Mesir untuk mendiskusikan isu-isu keamanan regional dan berpartisipasi dalam upacara peletakan karangan bunga untuk menghormati prajurit Mesir yang gugur.

Pada tanggal 20 April, Menhan Mattis dijadwalkan tiba di Israel untuk bertemu dengan Presiden Reuben Rivlin, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, dan Menhan Avigdor Lieberman. Selain itu ia juga akan menghadiri upacara peletakan karangan bunga di World Holocaust Remembrance Center.

Dari Israel, Menhan Mattis akan ke Qatar pada 22 April untuk membahas upaya-upaya memperkuat arsitektur keamanan regional.

Menhan Mattis kemudian mengunjungi Djibouti pada 23 April. Ia akan bertemu dengan Presiden Ismail Omar Guelleh membahas komitmen kedua negara untuk mendorong peningkatan stabilitas regional. (DoD)