Menteri PANRB, Buka Pameran SAIK Tahun 2017

Menteri PANRB Asman Abnur menerima cinderamata pada acara pembukaan SAIK 2017 di Palembang, Sumatra Selatan, Rabu 22 november. (Foto: Setkab/Humas/Jay).

maiwanews – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Asman Abnur, membuka pameran Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi Publik (SAIK) Tahun 2017 di Novotel Palembang Rabu 22 November. Kegiatan tersebut diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), direncanakan berlangsung selama tiga hari 21-23 November 2017 di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel).

Pada kesempatan itu Menteri Asman menyampaikan Indonesia merupakan negara dengan pertumbuhan pengguna internet terbesar di dunia. Tahun 2017 pengguna internet di Indonesia sebesar 132,7 juta atau sekitar 51% dari jumlah penduduk yakni 262 juta jiwa.

Dalam pengelolaan informasi publik, pihak humas pemerintah harus kreatif, tidak terpaku dalam budaya manual, agar masyarakat menyukai karena era sekarang ini sudah masuk dunia digital. Humas harus bertransformasi ke budaya digital. Perlu dilakukan pendekatan lalu lintas dua arah (two way traffic) komunikasi humas pemerintah untuk memudahkan penyebaran informasi dengan memanfaatkan perangkat teknologi.

Berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), humas pemerintah harus mampu tampil di depan di tengah derasnya arus informasi saat ini.

Menurut Menteri Asman, ada peningkatan secara signifikan dalam penguatan reformasi birokrasi dari Aparatur Sipil Negara (ASN) baik di tingkat pusat, provinsi, dan daerah. Perbaikan kualitas ASN dilakukan sejak proses rekrutmen Pegawai Negeri Sipil (PNS) baik di pusat maupun provinsi. Nilai tes CPNS langsung dibuka saat hari tersebut.

Baiknya penyelenggara negara akan memperbaiki proses pengembangan kapasitas ASN. Ia mengajak untuk merubah cara kerja ASN agar Indonesia menjadi lebih baik kedepannya. (Setkab/EN/JAY)