Nelayan Italia Angkut Sampah Plastik dari Laut ke Darat

Ilustrasi. (Foto: kakuko)

maiwanews – Nelayan Italia menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan dengan mengangkut sampah plastik dari laut ke darat. Biasanya nelayan mengambil ikan dari jaring dan membuang kembali benda-benda tak dibutuhkan termasuk sampah plastik ke laut. Namun sejak beberapa waktu lalu, nelayan Italia tidak membuang sampah plasitik, melainkan dibawa ke darat.

Sampah-sampah plastik dikumpulkan lalu dianalisa untuk kemudian didaur ulang jika memungkinkan. Percobaan ini telah dilakukan selama sebulan sebagai upaya membuat cetak biru (blueprint) untuk membersihkan laut. Koordinator pelaksana gerakan laut bersih (Clean Sea Life), Eleonora de Sabata, mengatakan biasanya sampah plastik dibuang kembali ke laut karena hukum negara itu melarang membawa limbah sampah ke darat.

Gerakan laut bersih diikuti sekitar 40 kapal nelayan berlayar dari kota resor San Benedetto del Tronto di pantai Laut Adriatik. Para nelayan setiap pekan mengumpulkan sekitar satu ton sampah, 60 persennya merupakan sampah plastik. Nelayan Claudio Uriani dan sejumlah relawan lainnya menyortir limbah sampah. Jika memungkinkan, limbah sampah didaur ulang, selebihnya dibuang bersama limbah rumah tangga atau industri, tetapi tidak dibuang ke laut.

Pada mulanya proyek laut bersih dijadwalkan selesai pada 7 Juni lalu, sehari sebelum Hari Laut Sedunia, namun diperpanjang hingga musim panas. Proyek ini diharapkan dapat memberikan solusi bagi upaya pengelolaan limbah, utamanya sampah plastik di laut. (BBG Direct/mg/lt)