Pelayanan Cepat Panitia Kongres PAN di Bandara Hang Nadim

Batam – Saat memasuk ruang kedatangan bandara Hang Nadim Batam, peserta kongres III PAN disambut dengan panitia yang cukup banyak, termasuk Helmi Yahya yang turut menyambut di depan eskalator. Keberadaan panitia penyambut tersebut sangat membantu dalam memberikan petunjuk kepada peserta kongres ke arah mana yang  harus dituju dan diklakukan, apalagi penyambutan dilakukan dengan cara aktif bertanya ke setiap orang untuk diarahkan.

Terbukt i, pada antrian pengambilan kartu identitas peserta kongres dan atribut berlangsung tertib dan cepat. Selanjutanya, proses identifikasi sidik jari peserta kongres yang semula diperkirakan bakal rumit ternyata sangat lancar dan cepat karena disediakan alat pengambil sidik jari dan komputernya cukup banyak.

Proses identifikasi dilakukan dalam tiga bagian yakni pengambilan sidik jari secara digital, menyimpan data peserta, dan pengambilan foto, semua proses dilakukan dengan cepat. Teknik identifikasi ini dilakukan untuk menghindari penyimpangan hak peserta kongres berupa penyusup dan penyalahgunaan identitas.

Setelah itu, peserta keluar ruang bandara, di luar bandara telah berjejer panitia penyambut yang siap mengarahkan peserta ke sejumlah bus yang tersedia berdasarkan pembagian hotel masing – masing yang telah ditentukan panitia sebelumnya. Tidak terlalu lama, semua peserta telah berada di hotel dengan tertib untuk kemudian istirahat.