Pemerintah: Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriah Jatuh Pada 25 Juni 2017

maiwanews – Pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 H jatuh pada tanggal 25 Juni 2017.

Penetapan tersebut diumumkan pemerintah setelah menggelar sidang Isbat yang dipmpin langsung oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di kantor Kemenag, Jl MH Thamrin, Jakpus, Sabtu (24/6/2016).

“Dengan demikian kita telah berhasil menyepakati sekaligus menetapkan bahwa mulai malam ini kita telah memasuki 1 Syawal 1438 H,” kata Lukman.

Menurut Lukman, setidaknya ada 6 petugas yang menyatakan telah melihat hilal. Empat di antaranya berada di Kupang, Nusa Tenggara Timur. Sedangkan 2 lainnya berada di Gresik, Jawa Timur.

Perwakilan ormas turut hadir dalam sidang Isbat antara lain perwakilan Muhammadiyah dan PBNU termasuk tokoh seperti Ketum MUI KH Maruf Amin, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher Parasong, Ustaz Zaitun Rasmin, Anggota Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Endang Mintarja.

Sebagaimana penetapan 1 Ramadhan lalu, penetapan 1 Syawal kali ini tidak ada perbedaan atar ormas Islam, sehingga pelaksanaan shalat Idul Fitri 1438 H berlangsung serentak di seluruh tanah air.