Pemimpin Parlemen Iran Desak Negara Muslim Dukung Palestina

Demonstran Palestina. (Foto: Tasnim News Agency)

maiwanews – Pemimpin Parlemen Iran mendesak negara-negara muslim untuk memberikan dukungan terhadap masyarakat Palestina dari tekanan Israel. Pada sesi terbuka sidang parlemen hari Minggu 8 April, Ali Larijani mengutuk rezim zionis Israel atas serangan brutal terhadap demonstran Palestina. Serangan itu menyebabkan 38 orang tewas dalam beberapa hari terakhir.

Larijani juga menyerukan para pemikir dan parlemen negara-negara Islam dan Arab untuk memenuhi tanggung jawab “Islam dan kemanusiaan” mereka untuk mendukung Palestina dan mencegah skandal di dunia Arab.

Ditambahkan, parlemen Iran akan meminta Islamic Inter-Parliamentary Union (IIPU) dan Asian Parliamentary Assembly (APA) untuk mendukung negara Palestina dari penindasan Israel.

Lebih dari 30 warga Palestina telah dibunuh oleh militer Israel selama sepekan terakhir. Israel telah memperketat kehadiran militer di pagar Gaza, mengerahkan kendaraan lapis baja dan pasukan khusus untuk menindak Palestina.

Rezim Tel Aviv mendapat kritikan tajam atas perintah tembak di sepanjang perbatasan, termasuk peringatan bahwa jika mendekati atau mencoba merusak pagar akan menjadi sasaran.

Sejak 30 Maret puluhan ribu warga Palestina mengadakan protes enam minggu di tenda-tenda di sepanjang perbatasan berpagar di Jalur Gaza yang diblokade Israel. Para pengunjuk rasa, termasuk pengungsi Palestina dan keturunan mereka, berusaha untuk mendapatkan kembali rumah di tempat yang diduduki selama perang 1948-1949.

PBB pada hari Jumat menyerukan kedua belah pihak untuk menahan diri dari kekerasan. “Saya menyerukan kepada semua pihak di lapangan untuk menghindari konfrontasi dan menahan diri secara maksimum. Saya terutama mendesak Israel untuk berhati-hati dengan penggunaan kekuatan untuk menghindari korban. Warga sipil harus dapat menggunakan hak mereka untuk berdemonstrasi secara damai”, kata Sekretaris Jenderal PBB António Guterres. (Tasnim)