Pengamat Minta SBY Ikut Melawan Hoax

maiwanews – Mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) diminta untuk ikut mengambil bagian dalam upaya melawan berita bohong atau hoax. Saran itu disampaikan Pengamat Komunikasi Politik sekaligus Direktur EmrusCorner Emrus Sihombing di Jakarta Senin 23 Januari.

Pendapat Emrus menyusul cuitan SBY di akun Twitter @SBYudhoyono 19 Januari, “Ya Allah, Tuhan YME. Negara kok jadi begini. Juru fitnah & penyebar “hoax” berkuasa & merajalela. Kapan rakyat & yg lemah menang? *SBY*”.

Menurut Emrus, cuitan SBY di Twitter tersebut merupakan kritik dan tampaknya secara tidak langsung dialamatkan kepada pemerintah pengelolah komunikasi di Indonesia karena maraknya hoax di ngeri ini. Di satu sisi Emrus membenarkan bahwa kritik diperlukan sebagai koreksi bagi pihak-pihak pelaku penyebar berita bohong atau berita palsu.

Tapi di sisi lain, Emrus mengatakan sejatinya SBY dan Partai Demokrat sebaiknya ikut mencari solusi dan berperan serta melakukan solusi itu. Emrus menambahkan, sebaiknya tidak hanya mengkritik saja. “Sekedar mengkritik, bukan lagi level SBY krn ya sudah dua kali jadi presiden dan sekarang Ketua Umum Demokrat”, ungkap Emrus.

Emrus menambahkan, jauh lebih produktif bila SBY dan Partai Demokrat ikut mengambil bagian melawan hoax itu. (m011)