Pengamat: Pertemuan Jokowi dengan SBY Penting Segera Diwujudkan

Susilo Bambang Yudhoyono dan Joko Widodo (Foto: U.S. Department of State)

maiwanews – Komonikasi dengan bertatap muka secara langsung antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) penting untuk segera diwujudkan dalam merespon situasi politik terkini di tanah air. Demikian disampaikan Direktur Eksekutif EmrusCorner Emrus Sihombing di Jakarta Kamis 2 Februari.

Jika bisa diwujudkan, pertemuan kedua tokoh tersebut dapat digunakan untuk membicarakan berbagai hal sekaligus menemukan solusi bermacam persoalan kebangsaan. Menurut pengamat politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH) tersebut situasi politik terkini bisa mengarah pada polarisasi. Masyarakat bisa terpecah hanya untuk kepentingan kekuasaan sesaat oleh segelintir politisi tertentu.

Jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, tensi komunikasi politik sedang memanas, utamanya di Jakarta. Harus ada titik temu antara kepentingan berbeda untuk menekan potensi kondisi sosial saling berhadapan antar kelompok kepentingan di tengah masyarakat. Emrus mengatakan hal itu tidak boleh terjadi.

Harus segera ditemukan solusi dan segera diwujudkan untuk menghindari kemungkinan-kemungkinan buruk, upaya preventif jauh lebih produktif daripada menyelesaikan konflik. Untuk itu Emrus menganggap penting diadakan pertemuan dan dialog antar tokoh, termasuk Presiden jokowi dan SBY.

Mengenai teknis pertemuan, Emrus mengatakan bisa saja misalnya, SBY datang langsung menemui Presiden Jokowi di Istana seperti warganegara pada umumnya dengan mengikuti prosedur. Atau sebaliknya, Presiden Jokowi datang ke Cikeas, kediaman SBY. Jika kedua bertemu, baik di Istana maupun di Cikeas, atau di tempat lain, bisa segera menurunkan suhu politik sehingga tercipta suasana kondusif. (*)