maiwanews logo maiwanews
Senin, 2 Januari 2012
AMIR LEA ELL RACHMAN


Perhutani KPH Kebonharjo Serahkan Dana Sharing

 Penyerahan Sharing: Administratur Perhutani KPH Kebonharjo Ir Sudarwanto MSi, didampingi  Wakil ADM, Kasi PSDHL, KTU dan segenap Asper Menyerahkan Dana Sharing di Aula KPH Kebonharjo

Penyerahan Sharing: Administratur Perhutani KPH Kebonharjo Ir Sudarwanto MSi, didampingi Wakil ADM, Kasi PSDHL, KTU dan segenap Asper Menyerahkan Dana Sharing di Aula KPH Kebonharjo


KEBONHARJO – Manfaat hutan dapat dirasakan oleh masyarakat desa sekitar hutan. Dan berkaitan dengan hal tersbut, belum lama ini Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kebonharjo menyerahkan dana bagi hasil produksi (sharing) tahun 2010 sebesar lebih dari Rp 759 Juta untuk 15 Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) di aula kantor Perhutani Kebonharjo.

Dengan adanya program Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM), maka setiap tahun Perhutani Kebonharjo menyerahkan sharing hasil produksi, sejak tahun tahun 2003 sampai dengan tahun 2010 dana sharing yang diserahkan kepada LMDH di wilayah Perhutani Kebonharjo mencapai lebih dari Rp 4,3 Miliar.

Selain menyerahkan dana sharing juga menyerahkan dana PKBL (Program Kemitraan dan Bina Lingkungan) sebesar 60 Juta untuk 11 mitra binaan. Dengan dana pinjaman ini supaya para pengusaha kecil dapat meningkatkan usahanya. Untuk peternakan, pertokoan dan industri kecil alinnya.

Administratur Perhutani KPH Kebonharjo, Sudarwanto, menyatakan tidak semua LMDH menerima dana sharing produksi, karena tidak semua mempunyai petak pangkuan yang beproduksi pada tahun 2010, dari LMDH di KPH Kebonharjo berjumlah 59 yang mendapat sharing hanya 15 LMDH.

“Dana yang sudah diterima itu supaya dapat digunakan untuk peberdayaan masyarakat, peningkatan usaha produktip dan pengembangan usaha sehingga ekonomi masyarakat dapat tumbuh dan berkembang, sehingga masyarakat hidup sejahtera,” tutur Sudarwanto.

Setelah semua turut merasakan hasil dari hutan, sebut Sudarwanto, semua wajib turut serta melestarikan hutan, menjaga dan mengamankan hutan serta mendukung peberdayaan sumber daya hutan, mulai dari sukses tanaman, sukses keamanan dan sukses produksi.

Sehingga, kata Sudarwanto, hutan akan tetap lestari dan rakyat hidup sejahtera. Apalagi hutan Perhutani KPH Kebonharjo sudah mendapatkan pengakuan dari badan dunia yang independen dan kredibel berupa Sertifikat Pengelolaan Hutan Lestari atau PHL.



ARTIKEL LAINNYA

Semen Indonesia Salurkan Bantuan Rp 1,2 Miliar
Penanganan Masalah Hukum, SI Kerjasama dengan Jaksa Agung
KPK Telaah Sejumlah Aliran Dana Mencurigakan ke Caleg
Sejumlah Partai Lakukan Kampanye Perdana Hari Ini
Buku Dirut PT. SI Dilaunching
Suami Khofifah Indar Parawansa Meninggal di Palu
Peduli Masyarakat Hutan KPH Tuban Kembangkan Daun Kayu Putih
Perppu Diuji MK: SPR Tidak Setuju Pernyataan Yusril