Pertemuan G20: Menkominfo Usulkan Penggunaan Teknologi Digital

maiwanews – Jelang pertemuan G20, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyatakan akan mengusulkan penggunaan teknologi digital untuk pemerataan ekonomi. Menko Rudiantara dijadwalkan bertolak ke Dusseldoft, Jerman untuk menghadiri pertemuan G20 Digital Minister Meetings pada 6-8 April.

Delegasi Indonesia dikatakan akan memasukkan kearifan pola digitalisasi di Indonesia dalam tiga bidang utama, yaitu ekonomi berbagi (shared economy), digitalisasi angkatan kerja (workforce digitalisation), dan keuangan inklusif (financial inclusion) dengan tujuan memberikan ekosistem yang sesuai dalam proses digitalisasi.

Dalam pertemuan dengan media di Jakarta Senin 3 April Menko Rudiantara mengatakan pihaknya akan sangat progresif dan agresif untuk mengusulkan agar teknologi digital dimanfaatkan secara maksimal dalam melakukan pemerataan ekonomi masyarakat.

G20 adalah kelompok ekonomi utama dunia di mana 19 diantaranya adalah negara dengan ekonomi maju ditambah Uni Eropa. G20 merupakan sebutan bagi The Group of Twenty (G-20) Finance Ministers and Central Bank Governors atau Kelompok Duapuluh Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral.

Menurut Menko Rudiantara, delegasi Indonesia akan memaparkan contoh sukses pemanfaatan teknologi untuk pemerataan ekonomi. Ia mencontohkan salah satu layanan pemesanan ojek berbasis internet, layanan tersebut telah dimanfaatkan oleh 200.000 pengemudi dalam meningkatkan pendapatan. Contoh lainnya adalah situs belanja online dimana jutaan pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) telah memanfaatkannya untuk berjualan.

“Indonesia memandang bahwa shared economy, workforce digitalisation, dan financial inclusion merupakan tiga bidang yang paling utama dari proses digitalisasi,” ungkap Menko Rudiantara. (Kominfo/ddh)