maiwanews logo maiwanews
Jum'at, 29 Juni 2012
aso


Perusahaan Tambang Asing Churchill Mining Gugat SBY

maiwanews – Sebuah perusahaan pertambangan asing, Churchill Mining, mengajukan gugatan terhadap Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ke pengadilan arbitrase internasional. Selain SBY, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jero Wacik, dan Bupati Kutai Timur, Isran Noor, juga digugat Churchill. Perusahaan asal Inggris itu tidak terima izin tambangnya di Kutai Timur propinsi Kalimantan Timur dicabut pemerintah.

Menurut Jero Wacik, investasi Churchill Mining ke Ridlatama Grup tidak atas sepengetahuan Kementerian ESDM. Perusahaan asing harus mendapat izin dari Kementerian ESDM jika ingin berinvestasi dibidang pertambangan di Indonesia. Jero menambahkan, diduga investasi Churchill dilakukan secara diam-diam. Jero juga mengatakan bahwa harus hati-hati dalam memberikan izin tambang. Selain itu, penggunaan izin tambang juga harus senantiasa diawasi.

Sementara Isran Noor menyatakan Churchill Mining tidak pernah terdaftar di dinas pertambangan Kutai Timur. Ia juga mengatakan perusahaan asing hanya boleh melakukan kontrak kerja, tidak boleh menggunakan izin usaha pertambangan.

Menanggapi gugatan senilai 2 miliar USD atau sekitar 19 triliun itu, Presiden SBY di Jakarta Kamis 28 Juni 2012 menyatakan harapannya agar bisa menang. Presiden SBY juga menekankan tidak ingin ditekan oleh perusahaan tersebut. SBY juga mengkhawatirkan kalau mengalami kekalahan karena implikasinya akan sangat luar biasa.

Presiden SBY mengingatkan bahwa sepanjang yakin telah melakukan sesuatu dengan benar, maka wajib dipertahankan demi kehormatan, kebenaran, dan keadilan. SBY akan mempelajari segala sesuatu mengenai kasus tersebut agar bisa memenangkan proses peradilan.


ARTIKEL LAINNYA

Penjualan Semen Meningkat
Perusahaan Semen Terbesar se Asia Tenggara Bukukan Laba
Wiranto: Hadapi Pergaulan Global, Presiden Harusnya Minimal S1
KPK Tetapkan Tersangka Rudi Rubiandini dan Dua Swasta
Mantan Panglima ABRI Feisal Tanjung Meninggal Dunia
Penyanyi Dangdut A. Rafiq Meninggal Dunia
Pernyataan Sutan Bhatoegana Dituding Lecehkan Gus Dur
Mesir Umumkan Hamas dan Israel Sepakati Gencatan Senjata

Politik Uang Suburkan Korupsi

cover2 300



free counters