Pesan Tahun Baru Muhammadiyah: Islam Harus Maju Ekonomi & Pendidikan

maiwanews – Dalam pergantian tahun dari 2016 ke 2017, Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah berharap ummat muslim Indonesia menjadikan momentum ini untuk lebih maju dalam kehidupannya baik di bidang ekonomi maupun pendidikan.

“Ummat Islam Indonesia sebagai mayoritas harus menjadikan tahun baru untuk maju dalam kehidupan, termasuk dalam ekonomi dan pendidikan,” kata Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dalam keterangan tertulis, Sabtu (31/12/2016).

Menurut Haedar, kedua aspek yakni pendidikan maupun ekonomi tersebut, sangat penting dan strategis bagi kemajuan Islam untuk tumbuh menjadi sebuah kekuatan yang berkualitas.

Muhammadiyah kata Haedar, berharap agar segenap ummat Islam Indonesia hidup dengan memiliki arti positif bagi diri, keluarga, masyarakat, bangsa, umat manusia serta lingkungan dengan melahirkan pikiran-pikiran dan amal-amal yang maslahat dan berkemajuan.

Haedar menjelaskan, bolehsaja bersuka cita merayakan pergantian tahun. Namun sambung dia, momen pergantian tahun sebaiknya dilakukan dengan cara tak berlebihan, boros, sia-sia, dan larut dalam kegembiraan yang menjauhkan diri dari Tuhan.

Haedar meminta ummat Islam untuk menjadikan tahun 2017 sebagai tonggak merancang dan menjalani masa depan yang lebih produktif dan konstruktif yang didukung kemampuan pendidikan dan ekonomi yang memadai.

“Kita lemah secara ekonomi dan pendidikan, sehingga kalah bersaing dengan golongan lain yang minoritas. Jika ingin kuat secara politik juga harus didukung dengan kekuatan ekonomi dan pendidikan,” ujar Haedar.