Plt Ketum Golkar Harus Mengedepankan Negara Daripada Partai

maiwanews – Menyikapi kondisi terkini Golkar dimana Ketua umumnya (SN) terbelit kasus hukum dan harus mendekam dalam tahanan KPK, partai berlambang beringin itu telah membuat keputusan strategis dengan mengangkat IM sebagai Plt Ketum.

Direktur Eksekutif EmrusCorner, Emrus Sihombing, dalam pernyataannya Rabu 22 November mengatakan sekalipun langkah tersebut agak terlambat, tetapi lebih baik daripada tida sama sekali. “Seharusnya, pengangkatan PLT ini dilakukan sejak SN ditetapkan sebagai tersangka dugaan korupsi kasus E-KTP”, ungkap Emrus. Ia mengutip pernyataan salah seorang pakar hukum bahwa pejabat negara mundur dari jabatannya tanpa menunggu putusan pengadilan jika mendapat sorotan publik karena tingkah laku dan kebijakannya sebagaimana Ketetapan MPR nomor VI tahun 2001 tentang Etika Kehidupan Berbangsa.

Lebih lanjut dikatakan pengangkatan Plt Ketum tersebut sangat baik terlebih lagi jika Golkar mengedepankan kepentingan negara daripada partai dengan lebih dahulu mengangkat Plt mengganti posisi SN sebagai Ketua DPR-RI. “Bukankah negeri ini sudah sepakat bahwa kepentingan negara di atas kepentingan partai (golongan)? Bukankah kepentingan partai di atas kepentingan pribadi”, kata Emrus.

Kepentingan pribadi tidak boleh ditempatkan di atas kepentingan partai apalagi kepentingan negara agar negeri ini tidak lagi menghadapi permasalahan pelik dalam kerja-kerja politik. Untuk menghapus atau setidaknya meminimalisasi persoalan pelik dalam internal partai atau bahkan skala nasional, Emrus menilai paling tidak ketika Golkar mengangkat Plt Ketum seharusnya sekaligus menetapkan Plt Ketua DPR-RI dari Golkar. Amanat Undang-Undang menyebut bahwa pengganti Ketua (pimpinan) DPR RI tetap dari kader partai bersangkutan.

Emrus tidak mempermasalahkan siapa kadernya karena Golkar memiliki banyak sumber daya manusia handal dan mampu memimpin legislatif. Ia mencontohkan BSP di komisi VI, AK (pernah mejabat Ketua DPR RI sekalipun tidak lama), dan sejumlah politisi senior. Oleh karena itu, pengangkatan Plt Ketua DPR RI sebaiknya segera dilakukan. (EmrusCorner)