PM Israel Perintahkan Hentikan Pendanaan 5 Lembaga PBB

maiwanews – Perdana Menteri (PM) Israel, Benjamin Netanyahu, memerintahkan penghentian dana dari Israel kepada 5 lembaga PBB, namun ia tidak merinci kelima lembaga tersebut. Dalam pidatonya di televisi Sabtu 25 Desember ia mengatakan saat ini negaranya telah menahan dana sebesar hampir 8 juta dolar.

Tidak hanya itu, Israel disebut masih akan mengambil kebijakan lain sebagai respon atas Resolusi PBB terkait pembangunan pemukiman di wilayah Palestina. Kementerian Luar Negeri diminta meninjau kembali pendanaan dan kegiatan Israel di PBB. Peninjauan kembali juga diminta dilakukan terhadap wakil-wakil PBB di wilayahnya.

Kemarahan PM Netanyahu menyusul lahirnya Resolusi PBB berisi seruan agar pemerintah Israel segera dan sepenuhnya menghentikan kegiatan pembangunan permukiman di daerah Palestina yang diduduki, termasuk di Yerusalem Timur.

Israel kecewa karena dalam pemungutan suara Amerika bersikap abstain, tidak menggunakan hak vetonya. PM Netanyahu mengatakan Israel akan mengabaikan resolusi tersebut. Israel juga memanggil pulang duta besarnya di Selandia Baru dan Senegal. Dua negara tersebut termasuk sebagai sponsor resolusi bersama Venezuela dan Malaysia. (m13/VoA 1 2)