PNS DKI Tak Dapat THR Lebaran Sejak Tahun Ini

cucu ahmad kurniamaiwanews – Kepala Bidang Informasi Publik Pemda DKI Jakarta, Cucu Ahmad Kurnia mengatakan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak lagi memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada para pegawainya dimulai tahun ini.

Menurut Cucu, penghapusan THR itu dilakukan karena sebelumnya, Pemda DKI telah mengeluarkan kebijakan dengan memberikan Tunjangan Kesejahteraan Daerah (TKD) setiap bulan kepada pegawai.

“Jadi, semua tunjangan, termasuk THR, sudah terakumulasi dalam TKD,” kata Cucu Ahmad Kurnia, di Jakarta, Rabu, 25 Agustus 2010.

Kebijakan ini, kata Cucu, sudah sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 58 Tahun 2005 yang mengatur tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah.

Penghapusan THR itu, dimaksudkan untuk meningkatkan tertib pengelolaan keuangan daerah. Karena, lanjut Cucu, pada waktu THR masih diberlakukan, setiap instansi pemerintah punya kebijakan sendiri-sendiri soal tunjangan.

Dulu, kata Cucu, banyak sekali jenis tunjangannya. “Ada untuk kesejahteraan, hari raya, pokoknya macam-macam lah,” kata Cucu.

Dengan kebijakan baru ini, nilai penghasilan yang diterima PNS, masih kata Cucu, jauh lebih besar. Besarannya disesuaikan golongan dan jabatan masing-masing pegawai.