Polda Metro Buka Rehabilitasi Gratis Pecandu Narkoba

maiwanews – Polda Metro Jaya membuka layanan rehabilitasi bagi para pecandu narkoba. Program rehabilitasi dalam rangka menyambut HUT ke-67 Polri ini,tidak dipungut biaya alias gratis.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto kepada wartawan. “Kami membuka kesempatan bagi pecandu atau pun pengguna narkotika untuk rehabilitasi,” kata Rikwanto di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (19/6/2013).

Program tersebut merupakan salah satu upaya polisi untuk memberantas narkotika. Pendaftaran kata Rikwanto, dibuka hingga 30 Juni mendatang, dan terbuka bagi siapa saja tanpa batas usia.

Dijelaskan Rikwanto, peserta program rehabilitasi cukup datang ke Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya, lalu diantar ke pusat rehabilitasi pencandu narkoba LIDO Sukabumi, Jawa Barat atau di rumah sakit yang ditunjuk Polri.

Terkait kekhawatiran akan dilakukan interogasi oleh polisi terhadap pesrta rehabilitasi, Rikwanto menjelaskan, polisi memberi jaminan kerahasiaan data-data peserta rehabilitasi, termasuk dijamin tidak akan diperiksa atau diinterogasi oleh aparat polisi.

Lamanya rehabilitasi kata Rikwanto, akan ditentukan oleh dokter, tergantung tingkat kecanduan si pengguna.

Langkah ini ditempuh karena polisi menilai, pengguna atau pecandu narkoba sebenarnya adalah korban.