Praja IPDN Diminta Beri Warna Peninggalan Positif

MenPANRB Asman Abnur dan Menko Polhukam Wiranto (Foto: KemenPANRB)

maiwanews – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Asman Abnur berharap calon muda praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) memberi warna peninggalan positif kepada generasi penerus saat nanti menjabat sebagai pimpinan. Hal itu disampaikan saat menghadiri Pengukuhan Muda Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri Angkatan XXVIII, di Kampus IPDN, Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, Selasa 17 Oktober.

Dengan warna peninggalan positif maka akan dikenang upaya-upaya melakukan perubahan dimana hasilnya tidak hanya dirasakan pegawai, tapi juga masyarakat umum. Para calon muda praja IPDN diminta memaksimalkan peran dalam membangun birokrasi berkualitas di daerah.

Para calon Praja Muda juga diminta agar kelak dapat berperan sebagai pemersatu dan perekat bangsa, sebagai agen perubahan, sebagai pelayan masyarakat, serta sebagai pelaksana kebijakan. Mnteri Asman juga berharap Praja Muda IPDN mulai menerapkan perilaku profesional dalam birokrasi.

Tahun ini pemerintah menerima 9.167 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk alumni kedinasan, 1.544 diantaranya dari IPDN. Proses seleksi dilakukan dengan ketat, transparan, dan akuntabel, tidak mengandung unsur-unsur Kolusi Korupsi Nepotisme (KKN).

Pendaftaran dilakukan secara online dan terintegrasi, kemudian hasilnya diumumkan secara terbuka. Demikan juga dengan ujian seleksi, dilakukan menggunakan sistem Computer AssistedTest (CAT) dan diawasi secara ketat.

Selain Menteri Asman, juga hadir dalam kesempatan itu Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, dan Rektor IPDN Ermaya Suryadinata. Menko Wiranto menjadi Inspektur Upacara sekaligus mengukuhkan sebanyak 1.544 Muda Praja IPDN Angkatan XXVIII.(MENPANRB)