Presiden Iran Sambut Kedatangan PM Jepang

maiwanews – Presiden Republik Islam Iran Hassan Rouhani secara resmi menyambut kedatangan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe Rabu 12 Juni waktu setempat di Kompleks Budaya-Sejarah Saabad. Usai kumandang lagu kebangsaan kedua negara, Presiden Rouhani dan PM Abe meninjau penjaga kehormatan dan memperkenalkan delegasi mereka satu sama lain.

Pihak Kementerian Luar Negeri Iran menyatakan pertemuan delegasi kedua negara akan diadakan setelah pertemuan pribadi para kepala pemerintah Iran dan Jepang.

Beberapa jam sebelum kedatangan PM Abe, Menteri Luar Negeri (Menlu) Iran Mohammad Javad Zarif dan Menlu Jepang Taro Kono melakukan pembicaraan di Teheran. Menlu Javad Zarif dalam putaran pertama pertemuan mereka merujuk ke hubungan diplomatik lama dan 90 tahun antara Iran dan Jepang dan menggambarkan Tokyo sebagai mitra baik dan ramah Iran di bidang politik, ekonomi, dan budaya. Menlu Zarif juga merujuk pada perang ekonomi dan terorisme.

Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa di tengah situasi sulit saat ini, Iran akan mencari cara baru untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Iran, termasuk dengan merevisi kebijakan keuangan dan anggarannya, mengakhiri ketergantungan mereka pada pendapatan minyak.

Sementara itu, delegasi Jepang menyatakan kepuasan dengan kehadirannya di Iran dan sambutan hangat tuan rumah setelah tiba di Teheran, dan mengatakan PM Abe mengunjungi Iran sebagai negara bersejarah dan bersahabat.

“Iran adalah negara signifikan di kawasan ini, dan kami percaya bahwa semakin aman kawasan ini, semakin banyak kepentingan akan diperoleh semua negara kawasan. Jika tidak, kita semua akan kalah”, ungkap Menlu Kono. Ia menambahkan, Jepang menaruh minat untuk berkontribusi dalam upaya mengurangi ketegangan regional. (MFA Iran)