Presiden Jokowi Kutuk Penembakan di Las Vegas

Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Cibubur (Foto: Setkab/Agung)

maiwanews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengutuk penembakan di Las Vegas AMerika Serikat (AS) Minggu 1 Oktober pukul 22.00 waktu setempat. Aksi terorisme tersebut dilakukan saat di lokasi sedang berlangsung festival musik. Akibat penembakan, 59 orang diberitakan tewas dan ratusan lainnya luka-luka.

Dalam pernyataannya hari Selasa 3 Oktober Presiden Jokowi juga menyampaikan bela sungkawa atas kejadian itu. Hal tersebut disampaikan usai menghadiri acara “Pencanangan Aksi Nasional Pemberantasan Obat Ilegal dan Penyalahgunaan Obat” di Bumi Perkemahan Wisata Cibubur.

Terkait Warga Negara Indonesia (WNI), Presiden Jokowi mengatakan sejauh ini tidak ada laporan mengenai korban WNI dalam insiden tersebut. Terhadap pemerintah Amerika, Presiden Jokowi menyampaikan agar tetap tegar dan kuat menghadapi ancaman terorisme.

Aparat keamanan mengidentifikasi pelaku sebagai Stephen Paddock, warga Mesquite-Nevada berusia 64 tahun. Pelaku diduga bunuh diri ketika mengetahui telah terkepung dalam kamar hotelnya. Pihak berwenang Metropolitan Las Vegas Joseph Lombardo dalam konferensi pers mengatakan petugas-petugas SWAT menemukan pelaku dalam keadaan tewas saat penyergapan di kamar hotel di lantai 32 Mandalay Bay Hotel. Petugas juga menemukan sedikitnya 10 pucuk senjata di dalam kamarnya pelaku.

Pasca insiden active shooter tersebut, Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Los Angeles menyampaikan himbauan kepada masyarakat Indonesia di Amerika utamanya di negara bagian California dan Nevada untuk tidak melakukan perjalanan (jika tidak ada urgensi) ke Las Vegas sementara waktu hingga seluruh situasi di Las Vegas kembali dalam kondisi aman dan nyaman.

KJRI Los Angeles juga menghimbau sekiranya terjadi situasi darurat berkaitan langsung dengan keselamatan jiwa dan keluarga di Las Vegas, diminta segera menghubungi 911 atau family hotline Las Vegas Metro Police Department (LVMPD) +1 866-535 5654.

Untuk bantuan perlindungan KJRI Los Angeles, WNI dapat menghubungi nomor telepon pelayanan dan perlindungan WNI di nomor +1 213-590-8095 dan nomor kantor KJRI Los Angeles +1 213-383-5126. (Setkab/DND/AGG/ES/KJRI Los Angeles/VoA)