Presiden Jokowi Lantik Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Wagub Chusnunia Chalim. (Foto: Setkab/Jay/Humas)

maiwanews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Jakarta Rabu 12 Juni melantik Arinal Djunaidi dan Chusnunia Chalim sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung masa jabatan 2019-2024. Dalam prosesi pelantikan dilakukan penyerahan petikan surat keputusan presiden oleh Presiden Jokowi kepada Arinal-Chusnunia di Istana Merdeka.

Dari Istana Merdeka, Presiden Jokowi beserta Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK), Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, dan pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung menuju Istana Negara untuk melanjutkan prosesi pelantikan. Usai pelantikan, Presiden Jokowi beserta Ibu Negara Iriana dan Wapres JK beserta Mufidah Kalla dan tamu undangan memberikan ucapan.

Selain presiden, wapres, dan Mendagri, acara pelantikan juga dihadiri Menko Polhukam Wiranto, Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, Menaker Hanif Dhakiri, Menperin Airlangga Hartaro, Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, dan Ketua DPD RI Oesman Sapta.

Sebelumnya, Arinal pernah menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Lampung pada periode 2014-2016, sedangkan Chusnunia adalah Bupati Lampung Timur periode 2016-2019. Keduanya terpilih dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018 lalu, unggul atas tiga pasangan lainnya dengan perolehan suara 1.548.506 suara (37,7 persen).

Kepada wartawan, Arinal mengutarakan tekadnya menjadikan Lampung berjaya. Menurutnya, Lampung memiliki banyak potensi,komoditi nasional daerah tersebut rata-rata 10 besar nasional dan bahkan dunia. Tetapi ekonomi kerakyatannya masih belum sesuai dengan harapan. Untuk itu diperlukan tata kelola lebih baik lagi.(Setkab/FID/HIM/JAY/OJI/ES)