Presiden Jokowi Terima Kunjungan Presiden Niger

Presiden Jokowi dan Presiden Niger Issoufou Mahamadou. Jakarta, Senin 16 Oktober siang. (Foto: Setkab/OJI/Humas)

maiwanews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) Senin 16 Oktober siang menerima kunjungan Presiden Republik Niger Issoufou Mahamadou di Istana Merdeka, Jakarta. Dalam sambutannya Presiden Jokowi mengatakan ini merupakan kunjungan pertama Presiden Niger ke Indonesia.

Meskipun hubungan diplomatik kedua negara baru berjalan 6 tahun, Presiden Mahamadou sudah melakukan kunjungan ke Indonesia, ini menunjukkan komitmen terhadap hubungan bilateral Indonesia dengan Niger.

Indonesia dan Niger dikatakan memiliki tiga ikatan kuat, pertama ikatan persaudaraan Islam, kedua ikatan demokrasi dan kebebasan beragama, dan ketiga adalah sama-sama merupakan negara berkembang. Dengan tiga ikatan itu, Presiden Jokowi berharap kedua negara dapat meningkatkan hubungan kerjasama.

Presiden Jokowi mengaku telah membahas berbagai hal dengan Presiden Issoufou. Keduanya telah membahas kerjasama berbasis ekonomi bidang infrastruktur, industri strategis, energi, serta teknik dan SDM. Salah satu perusahaan Indonesia, PT WIKA, akan menjajaki potensi proyek di Niger. Sedangkan bagi pengusaha Niger, Presiden Jokowi mengundang untuk hadir pada acara Indonesia-Africa Forum di Bali pada April 2018.

Dalam pertemuan itu ditandatangani dua kesepakatan kerjasama (Memorandum of Understanding / MoU) bidang pembebasan visa bagi pemegang paspor diplomatik dan dinas, serta pembentukan sidang komisi bersama.

Dalam upacara menyambut Presiden Mahamadou, Presiden Jokowi didampingi antara lain Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita, serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. (Setkab/DND/RAH/OJI/ES)