Presiden Tekankan Pentingnya Pendidikan Berkualitas

Presiden Joko Widodo saat menghadiri Dharma Santi Nasional Perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1940, di GOR Ahmad Yani, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Sabtu 7 April. (Foto: Setkab/Rahmat)

maiwanews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan pentingnya ilmu pengetahuan dan penguasaan teknologi untuk mencapai kemuliaan hidup. Kesadaran akan pentingnya pendidikan bukan hanya menjadi inspirasi bagi umat Hindu tetapi juga bagi bangsa dan negara Indonesia. Demikian disampaikan pada acara Dharma Santi Nasional Perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1940 di GOR Ahmad Yani Mabes TNI Cilangkap Jakarta Sabtu 7 April.

Menurut Presiden Jokowi, Perayaan Nyepi Tahun ini sangat istimewa bagi umat Hindu karena bertepatan dengan Hari Suci Saraswati, yaitu peringatan hari turunnya ilmu pengetahuan.

Presiden Jokowi menambahkan, kita tidak boleh terlena oleh anugerah kekayaan sumber daya alam, tapi harus berani membangun kesadaran baru untuk menjadikan manusia berkualitas. Hal itu sebagai kekuatan, keunggulan, dan pondasi memasuki masa datang.

Untuk itu Presiden Jokowi mengajak seluruh umat Hindu untuk mempersiapkan diri menghadapi berbagai tantangan kemajuan, menyongsong revolusi industri keempat, serta menyambut cepatnya inovasi teknologi.

Tantangan global mengharuskan umat Hindu untuk semakin cerdas, kreatif, dan inovatif dalam merespon berbagai perubahan. Perubahan merupakan tantangan dan tidak bisa dihindari, harus dijawab dengan peningkatan kualitas dan produktivitas.

Presiden Jokowi pada akhir sambutannya menyampaikan kembali Selamat hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1940 pada seluruh umat Hindu di seluruh pelosok tanah air. “Semoga Ida Sang Hyang Widhi Wasa memberikan kedamaian dan kesejahteraan kepada kita semuanya”, ujar Presiden. (Setkab)