Indonesia juga Memproduksi Kapal Selam Freegat

purnomo yusgiantoromaiwanews – Industri pertahanan Indonesia membuktikan kemampuannya dalam memproduksi sendiri sebagian Alat Utama Sistem Pertahanan (Alutsista) yang dibutuhkan TNI mengawal kedaulatan RI.

Setelah PT PAL Indonesia memulai membangun kapal perang canggih ‘Kapal Perusak Kawal Rudal,’ kini perusaahaan itu juga dipercaya membangun kapal selam freegat pesanan pemerintah.

Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro menyatakan, saat ini Indonesia sudah mulai memproduksi kapal selam untuk angkatan laut itu. Produksi tersebut sudah dilakukan di PT PAL Indonesia di Surabaya.

Kapal Freegat, kata Purnomo, akan lebih besar dibandingkan dengan kapal Sigma dari Malaysia. “Sekarang kita memproduksi lebih besar, Freegat namanya, ” kata Purnomo di kompleks istana, Jakarta, Selasa, 28 September 2010.

Rencananya, jumlah kapal yang akan diproduksi sebanyak enam unit, namun dilakukan secara bertahap. Karena menurut Purnomo, pembuatan satu unit saja sudah menghabiskan waktu selama 40 bulan.

Pembangunan secara bertahap itu, juga karena pertimbangan kemampuan keuangan pemerintah. “Rencananya kan ada enam unit. Kita kan musti bertahap sesuai dengan kemampuan ekonomi kita. Satu dulu baru jalan,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Indonesia secara resmi memulai pembangunan kapal perang modern  ‘Light Fregat-Perusak Kawal Rudal’ yang akan diproduksi di PT PAL.

Kapal seharga sekitar Rp2 triliun tersebut dilengkapi dengan persenjataan rudal SAM, SSM, rudal anti kapal selam, meriam kaliber 76 sampai 100 mm dan kaliber 20 sampai 30 mm, peluncur rudal ke udara, helipad di deck kapal, dan senjata torpedo serta perlengkapan pendukung lainnya.