AS Salahkan Iran atas Serangan 2 Tanker Minyak di Teluk Oman

Ilustrasi. (Foto: hpgruesen)

maiwanews – Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo menyalahkan Iran atas serangan terhadap dua kapal tanker minyak di Teluk Oman lepas pantai Iran. Salah satu kapal tanker dibakar dan mengeluarkan asap cukup tebal dan berwarna hitam hingga terlihat oleh satelit di ruang angkasa.

Salah satu tanker milik Norwegia dan lainnya dimiliki oleh perusahaan Jepang. Pejabat militer AS meyakini kedua kapal menabrak ranjau pada fajar hari Kamis.

Dalam pernyataannya di state.gov Kamis 13 Juni, Menlu Pompeo mengatakan “Ini adalah penilaian pemerintah Amerika Serikat bahwa Republik Islam Iran bertanggung jawab atas serangan di Teluk Oman hari ini”. “Secara keseluruhan, serangan tak beralasan ini menghadirkan ancaman nyata bagi perdamaian dan keamanan internasional, serangan terang-terangan terhadap kebebasan navigasi”.

Menlu Pompeo mengatakan Iran berada di belakang rangkaian serangan serupa baru-baru ini terhadap pelayaran dan tidak ada kelompok proksi di wilayah ini memiliki sumber daya dan kemampuan untuk menyerang sebuah kapal tanker dengan tingkat kecanggihan tinggi.

Menanggapi serangan terhadap 2 tanker, Menlu Iran Javad Zarif mengatakan waktu serangan sangat mencurigakan karena Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe sedang dalam pertemuan di Teheran dengan Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei. Pembicaraan mereka terfokus pada langkah-langkah menurunkan ketegangan antara Washington dan Teheran.

Namun Menlu Pompeo mengatakan pemerintah Iran menghina Jepang dengan menyerang salah satu tankernya ketika Abe berada di negara itu.

Teluk Oman terletak di sebelah Selat Hormuz, jalur air strategis, merupakan jalur pelayaran vital. Sekitar 30% dari minyak mentah pelaut di dunia melakukan perjalanan melalui selat ini. Harga minyak global melonjak 4% lebih tinggi menjadi lebih dari $ 62 per barel setelah serangan. (US Department of State/BBG Direct/Margaret Besheer/Wayne Lee/Cindy Saine)