SAR Temukan 8 Motor Korban Awan Panas di Sinabung

maiwanews РTim evakuasi yang melaksanakan pencarian korban awan panas di Desa Sukameriah, menemukan 8 motor korban awan panas Gunung Sinabung  pada Senin (3/2). Dalam penemuan itu, belum ditemukan adanya korban jiwa maupun luka.

Selain 8 motor yang satu diantaranya tidak memiliki nomor polisi, juga ditemukan benda lain berupa 1 tas berisi laptop Acer, 1 tas Handycam tanpa isi dan 2 buah helm.

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, tim evakuasi mengalami kesulitan akibat kondisi abu vulkanik tebal yang menutupi lahan dan adanya susulan awan panas di Desa Sukameriah.

Selain itu kata Sutopo, berdasarkan rekomendasi PVMB, pada pukul 12.30 wib G proses pencarian hari ini dihentikan karena terjadi erupsi setinggi 2.500 m dan luncuran awan panas 2.500 m.

Tim SAR gabungan yang terdiri dari 170 personil lanjut Sutopo, rencananya akan melakukan kembali melakukan evakuasi setelah kondisi aman berdasarkan rekomendari dari PVMB.

170 personil Tim SAR gabungan tersebut terdiri dari 35 orang Kodim 0205 TK, 30 orang Yon 125/SMB, 41 orang Brimob, 20 orang Basarnas, 10 satpol PP, dan 34 relawan.

Hingga saat ini jumlah korban awan panas G. Sinabung ada 15 orang meninggal yang terdiri dari 7 orang mahasiswa, 4 pelajar, 3 warga Sukameriah, dan 1 warga Kabanjahe serta 2 orang lainnya mengalami luka-luka.